Kapal Induk Ketiga Cina Gunakan EMALS

People Liberation Army Navy sedang giat membangun kekuatan untuk menjadi Blue Water Navy. Setelah memiliki 2 kapal induk, mereka sedang membangun kapal induk ketiga. Dua kapal terdahulu menggunakan konfiguasi STOBAR, sedangkan kapal ketiga akan menggunkan konfigurasi CATOBAR.

Banyak pihak yang berspekulasi kalau kapal ketiga akan menggunakan sistem ketapel uap atau steam catapult. Namun baru-baru ini Oriental Daily News Hongkong memberitakan bahwa kapal induk ketiga akan menggunakan sistem ketapel EMASL. EMASL singkatan dari Electromagnetic Aircraft Lauch merupakan sistem ketapel yang lebih modern dari steam catapult. Jika steam catapult memanfaatkan uap untuk menggerakan piston lalu piston menggerakan carriage, maka sistem EMALS memanfaatkan medan magnet untuk menggerakan carriage.

Pemakaian EMALS diharap bisa mereduksi cost maintenance, bobot equipment juga lebih ringan dari steam catapult, dan require space yang lebih kecil. EMASL juga mengurangi stress pada airframe pesawat dan gaya luncur yang lebih smooth. Sanghai University diberi tugas untuk mengembangkan sistem EMALS dan sudah masuk tahap uji coba dengan pesawat Shenyang J-15.

bkncn-20170702170039575-0702_05011_001_01p
Foto Uji Coba EMALS
1920px-j-15_03
Carrier Base Fighter Shenyang J-15

Yah kita tunggu saja bagaimana hasil pengembangan EMALS cina karena didunia baru USA yang mengaplikasikan sistem ini. India dan Inggris masih dalam tahap pengembangan juga.

Source/sumber : oeriental daily news hongkong

Advertisements

Author: ngamenrider

Kazak

One thought on “Kapal Induk Ketiga Cina Gunakan EMALS”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s