Panfilov’s 28 Men, Menurut Saya

Panfilov’s 28 men merupakan film garapan Rusia yang disutradarai oleh Kim Druzhinin dan Andrey Shalopa berdasar cerita nyata yang terdokumentasi resmi. Dana pembuatan sebesar 1.7juta US$ berasal dari patungan/sumbangan online dan bantuan dari pemerintah Rusia, Kazakstan serta sponsor yaitu Gaijin Entertainment. Film ini mendapat sambutan yang baik di Rusia dan Kazakhstan, memberi keuntungan sebesar 6.3juta US$.

Cerita dimulai ketika tentara Nazi sudah hampir mencapai moskow, divisi ke-316 tentara merah dikerahkan untuk menghadang laju agresor di wilayah Volokolamsk 100km dari Moskow. Persenjataan tentara merah saat itu hanya beberapa senapan anti tank, machinegun, granat, bom molotov dan senjata ringan berbanding terbalik dengan tentara Nazi yang dilengkapi Tank. Adegan perang memperlihatkan taktik jitu tentara merah menggunakan keunggulan pengetahuan dan ketangkasan perang jarak dekat.

Film ini punya cerita sangat sederhana, tidak ada adegan-adegan flashback selama pertempuran seperti film holywood, tidak ada cerita percintaan atau adegan (ehmmmm) dewasa, tidak ada tokoh yang menonjol (terbagi rata ke semua karakter prajurit). Ceritanya bener-bener fokus pada kegitan prajurit dari latihan sampai final battle, film ini tidak banyak efek komputer. Efek CGI hanya dipakai untuk tank saja sedangkan efek ledakan dan asap menggunakan efek alami (asap dan ledakan asli).

panfilovs 2
Model Tank Panzer IV
Panfilovs 1
Proses Pembuatan Efek
panfilov
Cast

“Hanya prajurit yang bertempur untuk hidup, untuk rakyat dan untuk tanah airnya.”

 

Advertisements

Author: ngamenrider

Kazak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s